DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

Pemerintah Kabupaten Morowali


 tes

E-mail: sekretariat_dprd@morowalikab.go.id | Call: : 0411-233223 | Country : 0411-233223  

Berita / Kegiatan

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Morowali Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke-XX Kabupaten Morowali 2019


Bungku - Rabu, 4 Desember 2019 Pagi, bertempat di ruang rapat Paripurna DPRD Morowali berlangsung Rapat Paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Morowali ke-20 Tahun 2019, yang di pimpin Ketua DPRD Morowali Kuswandi.
Hadir dalan kesempatan tersebut Bupati Morowali, Drs. Taslim, Wakil Ketua II DPRD Morowali, Asgar Ali, Aspidsus Kejari Bungku, Yuniarto, TNI, Polri, Ketua DPRD Kabupaten Morowali beserta jajarannya, pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Morowali, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Morowali, para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Morowali, dan para tamu undangan lainnya.
Acara diawali dengan pemaparan sejarah berdirinya Kabupaten Morowali, secara rinci oleh Ketua DPRD Kabupaten Morowali, Kuswandi. Dan dilanjutkan sambutan Bupati Morowali.
Bupati Morowali dalam sambutannya menyampaikan, “Peringatan Hari Jadi Morowali yang ke-XX dengan tema “Membangun Sumber Daya Manusia Yang Unggul Menuju Morowali Sejahtera Bersama, Beriman Dan Bertakwa”  semoga di penghujung tahun ini kita semua masih terus tetap menjaga semangat dan tetap optimis untuk terus bekerja dan berkarya demi masyarakat Kabupaten Morowali yang kita cintai.

Atas nama pemerintah Kabupaten Morowali, kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan segenap Anggota Dewan yang terhormat yang sangat bersemangat mencurahkan tenaga waktu dan pemikiran untuk menjalankan rangkaian agenda sidang yang telah kita lalui disepanjang tahun 2019, ujarnya.

Bupati Morowali menyampaikan bahwa tahun 2019 merupakan tahun pertama pelaksanaan RPJMD 2019-2023. Adapun capaian pembangunan selama satu tahun terakhir adalah sebagai berikut :

1.     Laju Inflasi tentang perkembangan harga barang dan jasa di Kabupaten Morowali sampai dengan bulan oktober 2019.

2.     Nilai Tukar Petani (NTP) merupakan salah satu indikator untuk melihat tingkat kesejahteraan petani.

3.     Gini Ratno merupakan pemerataan pendapatan yang dihitung berdasarkan kelas pendapatan.

4.     Indeks Pembanguna Manusia merupakan penjelasan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan dan pendidikan.

5.     Persentase Kemiskinan Kabupaten  Morowali saat ini 14,34 persen mengalami penurunan sebesar 0.21 persen dari tahun sebelumnya.

6.     Laju Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDRB) pada tingkat regional kabupaten menggambarkan kemampuan suatu wilayah untuk mendapatkan nilai output nilai tambah pada suatu wilayah tertentu.

7.     Tingkatan Kerja merupakan penduduk usia kerja (15 tahun ke atas) yang bekerja , punya pekerjaan namun sementara tidak bekerja dan pengangguran.

Menurut Bupati Morowali, Capaian Pembangunan di atas tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan berdasarkan misi RPJMD 2019-2023, antara lain :

1.     Bidang Pendidikan;

2.     Bidang Kesehatan;

3.     Bidang Insfrastruktur;

4.     Bidang Pertanian dan Perikanan.

Sebagai Tahun Pertama pada masa kepemimpinan Bupati Morowali, menurut Beliau capaian pembanguan yang telah disampaikan sebelumnya masih jauh dari harapan, karena masih adanya beberapa program dan kegiatan yang belum dapat diwujudkan. Hal itu dikarenakan terjadi dinamika ekonomi dan keuangan.

Sebelum Mengakhiri Pidatonya, Bupati Morowali, Drs. Taslim mengajak kepada semua pemangku kepentingan untuk memantapkan kebersamaan da kerja keras dalam mengatasi hambatan dan tantangan serta mewujudkan harapan masa mendatang, karena hanya dengan kebersamaan dan kerja keras maka hambatan dan tantangan tersebut akan terasa ringan.

Demikian Sambutan Pidato Bupati Morowali pada rapat Paripurna HUT Morowali ke XX dan dilanjutkan dengan Pembacaan Do’a oleh Kementrian Agama Kabupaten Morowali.

Rapat Paripurna ditutup Oleh Ketua DPRD, Kuswandi dan dilanjutkan Sesi Foto Bersama Oleh Bupati Morowali,ketua DPRD dan Pejabat Tinggi di Lingkup Kabupaten Morowali.

2017 All Rights Reserved | http://morowalikab.go.id